Kamis, 06 Desember 2012

Emping Melinjo Manis Cirebon





EMPING melinjo salah satu jenis panganan yang banyak digemari oleh semua golongan, terutama kalangan ekonomi bawah dan menengah yang merupakan industri unggulan masyarakat Desa Tuk Kecamatan Kedawung Kabupaten Cirebon.
Salah satu daerah yang terkenal denganhome industri emping melinjo adalah Desa Tuk, Kecamatan Kedawung, Kabupaten Cirebon. Di desa tersebut terdapat puluhan “pabrik” emping melinjo yang tak pernah sepi dari pesanan. Aktifitas pembuatan emping melinjo dapat dijumpai di desa tersebut setiap hari.
Emping merupakan salah satu jenis penganan yang murah meriah. Harga terjangkau untuk semua kalangan dengan berbagai rasa seperti asin, manis, pedas. Oleh karenanya emping melinjo ini digemari oleh semua usia. Emping melinjo biasanya disajikan sebagai pelengkap soto gado-gado, nasi uduk, dan dapat juga sebagai pelengkap minum kopi.
H.Sawita (70 tahun) salah seorang pengusaha emping melinjo di Jl. Nyi Mas Gandasari Desa Tuk Kecamatan Kedawung yang didampingi Maknu (40 tahun) kepada CNC, Sabtu (14/1), menyatakan usaha yang dirintisnya sudah berjalan selama 25 tahun. Memproduksi tidak kurang dari 150 kg melinjo mentah tiap hari untuk dibuat emping, dengan mempekerjakan dua puluh orang tenaga kerja.
Proses pembuatanya menurut penjelasan Sawita di pabariknya yakni 1 buah melinjo kulit bagian luar di kupas lalu disangrai di atas api selanjutnya kulit bagian dalam dikupas yang kemudian ditumbuk sampai tipis. Hasil tumbukan yang berbentuk bulat dan tipis dilumuri bumbu dengan beraneka rasa selanjutnya di jemur. Setelah emping mengering selanjutnya di goreng.
Hasil produksi emping melinjo yang sudah digoreng dipasarkan ke berbagai daerah seperti Majalengka, Kuningan, Indramayu, Jakarta, Krawang, Bekasi dan Bandung dengan harga Rp. 35.000. Per Kg. “Pesanan selalu nengalir terutama pada saat bulan Ramadhan dan menjelang liburan sekolah,” Jelas H. Sawita.(Irawan/Job)

Sumber: cirebonnews.com



2 komentar:

  1. wah ini makanan kesukaan saya nih,emping emping,,
    ok sob terus berkarya and tetap semangat kawan

    BalasHapus
    Balasan
    1. makasih atas kunjungannya gan, sukses selalu

      Hapus